Pengukuhan Satgas Saber Pungli Provinsi Bali

Senin, 06 Maret 2017



                 Selasa 22 November 2016 bertempat di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, dilaksanakan upacara pengukuhan Satgas Saber Pungli Provinsi Bali. Pengukuhan dipimpin langsung oleh Bapak Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Dalam pengarahannya Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) diminta segera langsung menyusun rencana operasi dan merumuskan langkah-langkah program secara detail, untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam upaya mewujudkan Bali bebas Pungli.

             Irwasda Polda Bali Kombes Pol. Drs. Sukamso, selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya menyatakan dibentuknya Unit Satgas Saber Pungli bertujuan sebagai pertimbangan Gubernur Bali dalam upayanya mengimplementasikan pemberantasan pungli di unit pelayanan masyarakat yang berada pada Kementerian lembaga maupun Pemerintah daerah di seluruh Provinsi Bali.

               Terkait personil, Ia menjelaskan Satgas berjumlah total sebanyak 82 orang, yang melibatkan instansi lintas sektoral diantaranya Jajaran Pemprov Bali, Kejati, Kanwil Kemenkumham, Kodam IX Udayana, Polda Bali, BIN, Ombudsman, OJK, BI, tokoh masyarakat dan pihak Akademisi. Anggota Satgas melaksanakan tugas masing-masing sesuai tugas yang sudah ditentukan berdasarkan pembagian kelompok kerja yakni Intelejen, Pencegahan, Penindakan dan Yustisi. 

          Pengukuhan ini sendiri didasarkan kepada Keputusan Gubernur Bali Nomor 2022/02-B/HK/2016, dan berlaku terhitung mulai tanggal ditetapkan yakni 21 Nopember 2016.  Pembacaan Keputusan dilaksanakan oleh Inspektur Provinsi Bali Ketut Teneng. Acara turut pula dihadiri diantaranya oleh Wagub Ketut Sudikerta dan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun.

Informasi